UAS-Ujian Akhir Semester, yang banyak dijadikan momok bagi mahasiswa khususnya bagi mahasiswa2 yang pasif dikelas-dalam artian yang suka bolos- berbagai cara dilakukan, mulai dari buat krepekan, menentukan posisi duduk-yang menentukan prestasi juga- dll,,,

tapi kenapa aku begitu santai? aku hanya bingung pas Akuntansi Biaya dan Intermed-yang memang menjadi sebuah momok bagi mahasiswa Akuntansi Semester 3, seperti di Brawijaya, tempat kuliah-Q- dan yang lain, aku tenang…

inilah pemikiran dan tindakan yang mahabodoh! emangnya mata kuliah-Q hanya itu aja? contohnya saat mata kuliah PO-Perilaku Organisasi-, dosen yang tidak masuk pada 2 pertemuan terakhir, bikin bingung seluruh mahasiswa yang diajarnya-ujian ini open book atau tidak?-, akhirnya aku memutuskan untuk tidak belajar sama sekali dan yakin bahwa ujiannya open book,

dan ternyata…

ujiannya close book, seluruh isi kelasku pada geleng kanan kiri-tentu saja saat pengawasnya lengah-, kita cuman bilang, entah pada diri sendiri atau pada teman yang disamping,, “Nulis opo iki?”

aku cuman geleng2 tak mengerti, kuliat soal pertama-hingga empat,,, LEWAT!!!! yang lain pun begitu,,,

nih,,, gara2 urusan itu, aku punya beberapa trik UAS agar lancar, -meskipun bagi mahasiswa yang rajin, hal ini udah dilakukan- :

  1. Saat dosen ngajar, usahakan mata tetep melek-terbuka-
  2. Saat dosen ngajar, kalo ada yang gak ngerti langsung tanya-biasanya ini berlaku kalo mata kuliahnya itung2an, lain lagi dengan hafalan, kecuali bagi dosen yang enak ngajarnya-
  3. Saat dosen ngajar JANGAN OMONG-OMONGan sama temen disamping-kecuali buat diskusi atau pinjam barang-

tapi dulu saat di SMA, saat pelajaran FISIKA, aku pernah dilempar penghapus papan tulis, -untungnya gak kena baju, tapi busyet…kena meja- alhasil putih semua,saat itu sang guru-FISIKA- ngajar di depan dan berkata “Jangan ada yang berbicara saat saya mengajar” semua murid patuh cz, guru ini emang rada galak-emang anjing?-

tapi, aku dan temen sebangkuku masih ngitung2 soal FISIKA yang ada dibuku sambil pake kalkulator, dan tiba2 kalklator atau apa -aku lupa- macet, otomatis aku tanya ke teman sebangkuku dong!

…eh…ini kenapa?gimana?koq gini?

MUNGKIN si guru-FISIKA-liat tingkah laku kami,akhirnya nglempar penghapus seenaknya sendiri, sambil berteriak,

“Kalian sedang apa?!?!!? saya khan sudah bilang jangan bicara sendiri,,”

“tapi bu…”sangkalku

“Sudah perhatikan ke depan!” -Cape’ deh….

yang selanjutnya,

4. Jangan sampe ngantuk di kelas- sediakan mp3, radio, makanan-permen-, dll- tapi juga jaga diri, jangan gara2 kalian bawa mp3, bisa seenaknya dewe dengerin sampe jam kuliah habis, gak bener coy! (kalo’ aku hanya ndengerin saat mataku wes berat banget dan kalo sudah, radio-nya bakalan ta’ matikan

5. Jangan duduk terlalu belakang, paling enak duduk di tengah,

6. kayaknya masih itu aja de…

semangat yaw, buat semua mahaSIWA2 di dunia, moga2 kita sukses,,, dan moga2 ip sem-3 ku bisa tetep diatas 3.00,,, amin…. (abisnya ada lowongan jadi asisten dosen ni… dengan syarat ipk diatas 3.00)berharap bisa jadi ASDOS,,,

aMIN….