Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi, dan atau barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi untuk penggunaannya, termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri (Undang-Undang No. 5 Tahun 1984 Tentang : Perindustrian, 2007). Industri kreatif adalah industri yang bermuara pada intelektualitas, ide, dan gagasan orisinal yang direalisasikan menurut pemikiran serta rasa dari lubuk hati yang paling dalam sebagai insan kreatif yang ingin memajukan industri di tanah airnya (Agus, 2008). Sedangkan pengertian dari ekonomi kreatif itu sendiri adalah keseluruhan industri yang tergabung atau masuk dalam kategori industri kreatif (DeNatale, 2007).

Macam Industri Kreatif

Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan sebanyak 14 sub sektor industri kreatif, yaitu industri periklanan, arsitektur, pasar seni dan barang antik, kerajinan, desain, fashion, video film dan fotografi, permainan interaktif, musik, seni pertunjukan, penerbitan dan percetakan, layanan komputer dan piranti lunak, televisi dan radio, serta riset dan pengembangan (Pemerintah Republik Indonesia, 2009).

Industri periklanan adalah kegiatan kreatif yang berkaitan dengan produksi iklan, produksi material iklan, termasuk tampilan iklan di media cetak dan elektronik. Film atau video dan fotografi adalah semua kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa fotografi, produksi film (termasuk penulisan skenario, sinematografi, dan lain-lain). Sedangkan musik adalah semua aktivitas yang menyangkut proses produksi album lagu, rekaman suara, komposisi musik termasuk pertunjukan musik. Arsitek termasuk di dalamnya segala sesuatu yang berkaitan dengan tatakota, arsitektur taman, konstruksi bangunan, dan lain-lain. Untuk pasar seni dan barang antik, sektor ini biasanya berkaitan dengan pengerjaan maupun perdagangan produk-produk antik termasuk di dalamnya hiasan. Kerajinan adalah industri yang berkaitan dengan distribusi produk-produk kerajinan (aksesori, emas, kayu, kaca, porselen,dan lain-lain) (Agus, 2008).

Desain mencakup bidang desain grafis, interior, desain produk. logo, branding, dan lain-lain. Untuk permainan interaktif di dalamnya adalah termasuk proses produksi maupun distribusi game online atau video yang bersifat edukatif. Penerbitan dan percetakan meliputi kegiatan yang berkaitan dengan penulisan atau penerbitan buku, majalah, koran, tabloid, portal, dan lain-lain. Layanan Komputer dan Piranti Lunak merupakan industri yang berkaitan dengan pengembangan teknologi informasi termasuk pengembangan software, desain arsitektur peranti lunak, web design, dan lain-lain. Televisi dan Radio, termasuk di dalamnya adalah produksi dan penyiaran serta transmisi televisi dan radio. Dan riset dan pengembangan, berkaitan dengan aktivitas untuk menemukan inovasi baru, metode baru, atau teknologi baru yang bisa menjadi solusi (Agus, 2008).