Eh eh,,,bab brapa?

Eh eh,,,kapan kompre?

Eh eh,,,dosennya enak gak?

Eh eh eh eh eh eh….

Dooh…kenapa semua ber-eh eh… bulan pertama dan kedua tahun ini sepertinya semua temanku bersiap untuk kompre (istilah di fakultas ekonomi universitas Brawijaya bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan skripsi dari bab 1-5, sudah daftar kompre, sudah dapat dosen penguji, dan siap untuk diuji –baca.sidang) hoho… apalagi kalau kaki ini bawaanya pengen jalan-jalan ke gedung D  (gedung manajemen) pasti sudah disambut dengan baju-baju zebra berjaket alamamater biru (atasan putih dan bawahan item ) hoho… kalo udah liat yang begituan bawaanya tanya ke diri sendiri mulu… eh eh… kamu kapan ma? Wkwkwkwk…dan jawabannya secepatnya…

April…target kompre…

Hihi…kabulkanlah doaku ya Allah…

Dimana-mana pada nanyain “ Rachma kapan? Udah skripsi? Siapa dosen pembimbingnya? IPK nya cumlaude ya?” hihihi….

Pasti jawabnya “gaktau ni kapan, doakan secepatnya ya..dosen? oh..dapet pak Eko Ganis, Ipk..hehehe…gak cumlaude mbak,,,baru dapet IP cumlaude aja semester 7” hahahahaha….

****koq aku bangga sii**** T___T

Yah…semuanya dijalani dengan semangat baru, harapan baru, dan niat yang lebih baik. Hehe…

Dalam mengerjakan skripsi sebaiknya jangan terlalu ngoyo…jangan tidur hingga malam,,,jangan banyak mengeluh*halah*..kenapa? karena bisa-bisa badan capek sendiri, kalau capek, pasti bawaannya tidur atau istirahat. Coba deh langkah “ ini:

  1. Kalau sudah siap untuk skripsi segera tentukan judul, atau tema. Jangan minggu depan mau program skripsi, tapi kepala kita masih bertanya-tanya “mau ngambil apa ya? Mau bahas apa ya?”
  2. Kalau sudah ditentukan tema nya,,,segera cari bahan-bahan yang akan kamu bahas(disarankan untuk memikirkan skripsi 3 bulan atau 1 bulan sebelum hari H)mengapa? Karena membuat skripsi itu gak seperti fotokopi buku…1 atau 2 hari selesai…
  3. Setelah udah ada tema, bahan, segera MANTAPKAN HATI…hehehe… mantap kagak ngambil judul ini? Jangan sampe belum MANTAP…soalnya yang bikin aja belum MANTAP udah buru-buru diajukan ke dosen..bahaya atuh…kalo kita ditanya-ditanya dosen “mbak…kenapa ini koq pake latar belakang? Kenapa koq tnjauannya kamu ambil teori ini? Nahhh loooo bingung kan???”
  4. Sudah mantap??? Segera hubungi dosen…kenapa hubungi dosen? Sebab, berdasarkan pendapat saya,,,memilih dosen lebih enak daripada dipilihkan… bukannya mau cari yang enak…tapi lebih baik kita berguru pada yang punya ilmu yang lebih tingi mengenai apa yang akan kita bahas,,,jangan sampe kamu mau bahas SYARIAH tapi dapetnya dosen PERPAJAKAN…wah..beda jauh itu…
  5. Setelah hubungi dosen..ceritakan apa idemu..sudah sampai mana kemajuan kamu..apabila beliau sudah setuju….selamat…silahkan ke tahap selanjutnya..hehehehe
  6. Selama tahap selanjutnya,,, pliss deh…siapkan semua bahan sebelum kamu mulai mengetikkan sesuatu…kalau kamu membuat bab 1 atau apapun juga…persiapkan dulu bahan-bahannya…sediakan 1 hari mencari bahan, hari berikutnya membuat bab 1…jangan semuanya dijadikan dalam 1 hari… itu bakal membuatmu capek…
  7. Banyak minum vitamin, olah raga *penting euy…bayangkan kamu itu sehari ada 24 jam…seminggu ada *coba hitung dewe* luangkan 1 atau 2 hari untuk olahraga 45-50 menit… itu bakal biikin kamu bugar dan matamu gak jereng gara” ngliatin layar laptop atau komputer* hehehehe….
  8. Sekian…kalau ada yang perlu bantuan*sharing-bukan dalam hal perkuliahan, maaf..karena saya bukan ahlinya-hehehehe…. kemudian perlu tips-tips mengerjakan skripsi…silahkan saja hubungi saya…

Hehehe….

Selamat berskripsi…

^^