copas dari sini

Pantai Baron terletak di Kabupaten Gunung Kidul, untuk mencapainya terlebih dahulu kita ke kota Wonosari (Ibukota Kabupaten Gunung Kidul) yang terletak lebih kurang 40 kilometer dari kota Yogyakarta.

Prasarana jalan yang menuju ke kota Wonosari ini cukup baik, dengan melintasi jalan berkelok – kelok naik dan turun, berikut pemandangan yang indah. Transport umum Yogyakarta – Wonosari berupa bus dan micro – bus tersedia dalam jumlah yang cukup.


Jarak antara Wonosari dengan pantai Baron lebih kurang 20 kilometer, dengan kondisi jalan yang beraspal, melintasi bukit bukit kapur yang terkenal dengan sebutan pegunungan seribu. Pantai Baron merupakan teluk yang diapit oleh dinding bukit yang hijau, dipenuhi oleh pohon kelapa. Teluk ini juga merupakan muara dari aliran sungai dibawah batu karang, yang airnya cukup jernih.

Ombak pantai Baron agak besar, tetapi para pengunjung masih dapat berenang di pantai ini sampai batas yang diperkenan-kan, yang ditandai dengan rentangan kawat yang di-bentangkan di atas teluk itu. Baron juga merupakan pang-kalan para nelayan, yang sebagian dari mereka telah memperlengkapi perahu – perahunya dengan mesin motor, sehingga dapat menjangkau laut lebih luas.

Kalangan remaja dan pramuka sering melakukan kegiatan berkemah di tempat ini, disamping melakukan kegiatan lintas alam ke bukit – bukit yang mengelilingi teluk pantainya..

baca juga ini buat lebih tau tentang pantai baron

Iklan